PUSKESMAS JEJARING PENYELAMATAN IBU DAN BAYI

Puskesmas Purwokerto Utara II Merupakan Puskesmas Perkotaan Yang Memiliki 4 Wilayah Kelurahan Dengan Jumlah Kehamilan Yang Cukup Banyak. Sebagai Salah Satu Upaya Penyelamatan Ibu Dan Bayi, Petugas KIA Puskesmas II Purwokerto Utara Telah Melaksanakan Pendataan Dan Memasang Data Ibu Hamil Di Papan Pengumuman Di Setiap Kelurahan.

Upaya lain yang dilakukan adalah dengan melakukan replikasi Puskesmas Vanguard yang diawali oleh EMAS pada tahun 2012, kegiatan replikasi terdiri K1, K2, P1,P2,P3 dan P4. K1 dan K2 telah dilakukan di tahun 2017. K1 dilakukan di dinas Kesehatan bersama dengan Puskesmas lain yang belum melaksanakan replikasi. K2 Puskesmas Purwokerto II Utara dilaksanakan di Puskesmas II Sumbang yang sekaligus ditunjuk sebagai mentor dalam Proses Pendampingan Replikasi Puskesmas Vanguard

 Pada Tahun 2018, Puskesmas II Purwokerto Utara Melaksanakan Pendampingan Pertama (P1) Yaitu Pendampingan Klinis Pra Puskesmas Dengan Tujuan Mempersiapkan Puskesmas Sebagai Puskesmas Yang Kompeten Dalam Program Penyelamatan Ibu Dan Bayi Dalam Sistem Jejaring Emergensi Maternal Neonatal. Pendampingan Klinis Merupakan Bagian Dari Pendidikan Berkelanjutan Dalam Sistem Pelayanan Kesehatan. Diharapkan Melalui Pendampingan Klinis Dalam Jejaring Rujukan, Angka Kematian Maternal Dan Neonaltal Lebih Cepat Diturunkan Dengan Ditunjang Oleh Sebuah Sistem Tata Kelola Klinis Yang Baik Dan Kepemimpinan Yang Mumpuni. Kegiatan P1 Dilaksanakan Pada Tanggal 29 – 31 Januari 2018.

Hari Pertama Merupakan Pembukaan Kegiatan Yang Dihadiri Oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas II Purwokerto Utara, Puskesmas Purwokerto Selatan, BKMIA, Puskesmas II Sumbang Dan Dinas Kesehatan. Di Hari Pertama Di Paparkan Kondisi Situasi Kesehatan Ibu Dan Anak Di Kabupaten Banyumas Oleh Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kab. Banyumas Bpk. Agus Nugroho, S.Ip, M.Kes, Pemaparan Profil KIA Puskesmas II Purwokerto Utara Dan Puskesmas Purwokerto Selatan Oleh Masing Masing Kepala Puskesmas, Penjelasan APKK(Alat Pantau Kinerja Klinis) Dan APKR (Alat Pantau Kinerja Rujukan) Serta Validasi Terhadap Capaian Puskesmas.

Hari Kedua Dilaksanakan Skill Asesmen Terhadap Petugas Kesehatan. Skill Asesmen dilaksanakan untuk menilai ketrampilan klinis semua petugas kesehatan yang ada di Puskesmas II Purwokerto Utara, Hasil penilaian Skill Asesmen dijadikan dasar untuk Rencana Tindak Lanjut untuk kegiatan P2

Hari Ke Tiga Dilaksanakan Paparan Hasil Capaian P1 Dan Rencana Tindak Lanjut Dan Diskusi.

Related Posts

Komentar