SURVEI MAWAS DIRI

SURVEI MAWAS DIRI

SMD   (SURVEI  MAWAS  DIRI )

PUSKESMAS PURWOKERTO UTARA II

Wilayah Puskesmas Purwokerto Utara 2 terdiri dari 4 Kelurahan

  1. Kelurahan Sumampir,
  2. Kelurahan Grendeng,
  3. KelurahanKarangwangkal
  4. Kelurahan Pabuwaran

 

Puskesmas Purwokerto Utara 2 Melaksanakan kegiatan SMD sesuai SIKLUS Manajemen Puskesmas Permenkes RI No 44 Th 2016 Tentang SMD / MMD yaitu  SMD dilaksankan pada awal, Minggu ke 2  tahun  2020 , dan MMD dilaksanakan pada minggu ke 3 tahun 2020

Analisis masalah dari sisi pandang masyarakat, yang dilakukan melalui Survey Mawas Diri/ Community Self Survey (SMD/ CSS): 

 

  1. Survei Mawas Diri adalah kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat, serta potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Potensi yang dimiliki antara lain ketersediaan sumber daya, serta peluang-peluang yang dapat dimobilisasi. Hal ini penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat sendiri, agar selanjutnya masyarakat dapat digerakkan untuk berperan serta aktif memperkuat upaya-upaya perbaikannya, sesuai batas kewenangannya.
  2. Tahapannya dimulai dari pengumpulan data primer dan data sekunder, pengolahan dan penyajian data masalah dan potensi yang ada dan membangun kesepakatan bersama masyarakat dan kepala desa/kelurahan, untuk bersama-sama mengatasi masalah kesehatan di masyarakat.

Instrumen SMD/ CSS disusun Puskesmas sesuai masalah yang dihadapi dan masalah yang akan ditanggulangi Puskesmas. Instrumen yang disusun mencakup format pendataan yang dilakukan wakil masyarakat yang dapat mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat dan dapat memberi informasi.

Related Posts

Komentar